Mengenal Windows 10 Enterprise dan Keunggulanya

Untuk anda yang bekerja di bagian IT, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar Windows 10 Enterprise. Sistem operasi dari Microsoft yang pada dasarnya di desain untuk penggunaan bisnis / corporate. Nah pada artikel kali ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang Windows 10 Enterprise untuk sekedar informasi buat kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak, atau sebagai sedikit referensi kalau-kalau kamu adalah seorang IT yang bekerja di perusahaan.

Ditujukan untuk Bisnis

Photo by Damir Kopezhanov on Unsplash.jpg

Seperti yang sudah saya singgung di awal tadi bahwa versi Windows yang ini adalah tidak lain ditujukan untuk penggunaan bisnis. Jarang sekali kita temu untuk komputer atau laptop perseorangan memiliki versi Windows Enterprise. Itu pun Kalau kita teliti melihat satu-satu. Kebanyakan untuk manufaktur PC ataupun laptop menggunakan lisensi Windows 10 Pro atau Home yang lebih suitable / lebih cocok untuk pengguna perseorangan. Bukan tanpa alasan, Microsoft sengaja membedakan produknya sesuai dengan apa yang penggunanya butuhkan. Ini didukung dengan berbagai macam fitur yang di hadirkan untuk masing-masing  produk yang secara teknis sangat berbeda.

Penjualan Lisensi

Windows 10 Activation

Jika kamu membeli lisensi Windows Pro atau Home original, kamu diberi kesempatan untuk dapat membeli lisensi dengan jumlah tertentu dengan ketentuan harga satu lisensinya sekian atau mungkin hanya membeli satu lisensi saja untuk satu perangkat. Tapi kalu Windows 10 Enterprise, kamu tidak bisa membeli satu lisensi untuk satu perangkat saja, melainkan harus berupa volume. Maksudnya adalah berupa jumlah dan sudah pasti lebih dari satu. Dan juga harga lisensinya berbeda-beda tergantung kebutuhan kamu sendiri.

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Selain memang didesain untuk bisnis yang notabene jumlah perangkat komputernya tidak mungkin hanya ada satu dua, fitur-fitur yang diberikan pada Windows 10 Enterprise sendiri sengaja disematkan dengan kemampuan management yang sangat baik untuk bisa membantu setiap tim IT mengontrol banyak komputer dalam satu sistem dengan mudah.

Fitur Pengelolaan Sistem Operasi

Photo by Carlos Muza on Unsplash

 Windows 10 Enterprise memiliki kaya fitur dalam hal pengelolaan yang memudahkan tim IT dalam troubleshooting dan memonitor setiap proses yang berjalan di setiap Windows 10. Selain itu, fitur yang disebut Microsoft  Desktop Analytics Update Compliance memungkinkan untuk administrator dapat melihat, menjadwalkan, dan mengatasi kompatibilitas sistem ketika terdapat update pada Windows 10 Enterprise di klien sehingga dapat dengan mudah mengeksekusi update pada banyak komputer sekaligus secara terjadwal.

Selain itu, juga terdapat laporan tentang kondisi setiap Windows yang terkontrol di dalam administrasi mulai dari performa, keamanan, dan permasalahan yang mungkin terjadi pada setiap sistem operasi dalam satu aplikasi.

Fitur seperti ini tidak akan kita jumpai pada Windows 10 Pro atau Home, oleh karna itu Windows 10 Enterprise didesain secara spesifik untuk kebutuhan seperti itu.

Keamanan Windows

Windows 10 Defender

Windows 10 Enterprise memiliki kelebihan khusus yang disematkan oleh Microsoft untuk lebih baik dalam mencegah dan menangani malware dengan memberikan proteksi tambahan pada Windows Defender untuk bisa lebih baik dalam melindungi sistem operasi terutama pada keamanan jaringan. Fitur ini disebut Microsoft sebagai Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini.

Selain itu, untuk setiap Administrator, kembali lagi memiliki akses untuk dapat melihat aktivitas Windows Defender pada masing-masing Windows menggunakan Microsoft Defender Security Center, sehingga bisa memonitor adanya virus yang membahayakan sistem atau tidak.

Windows To-Go

Photo by Brina Blum on Unsplash

Nah untuk yang satu ini yang sering kali membuat saya iri. Windows To-Go adalah salah satu fitur yang hanya dimiliki Windows 10 Enterprise di mana memungkinkan kita untuk dapat menginstall Windows pada portable storage seperti Flash Drive ataupun External Harddisk dan dapat dijalankan pada semua sistem atau di komputer mana pun.

Ini akan sangat bermanfaat buat kita yang sering sekali bepergian dan tidak ingin meninggalkan segala file dan program yang ada di Windows yang mungkin sangat kita butuhkan nantinya. Dengan adanya Windows To-Go, kita hanya perlu menancapkan Flash Drive kita pada komputer yang ada, atur BIOS untuk booting ke Flash Drive dan dengan mudah Windows kita akan termuat di sistem tersebut beserta setiap file dan program yang sudah terinstall pada Windows tersebut.

Windows Update

Windows 10 Home Update History

Windows 10 Enterprise memiliki akses untuk mendapatkan layanan LTSC (Long Term Service Channel) yang mana memungkinkan Windows untuk tidak mendapatkan Feature Update secara berkala (6 bulan sekali) layaknya Windows 10 Pro dan Home dan lebih memfokuskan ke Security Update saja yang lebih penting untuk keamanan sistem.

Layanan seperti ini dikhususkan untuk sistem yang berjalan secara terus menerus atau on-time, atau juga sistem yang tidak membutuhkan adanya update fitur, yang terpenting adalah kestabilan sistem operasi seperti halnya mesin ATM, mesin pengoperasian dalam Industri, atau juga mesin CT Scan pada rumah sakit dan lain sebagainya.

Sistem seperti itu sudah jelas tidak menggunakan Windows 10 Pro, melainkan sistem operasi khusus yang sifatnya stabil dan aman, oleh karna itu Windows 10 Enterprise dapat menjadi salah satu pilihan disertai dengan layanan LTSC nya.

Konklusi

Photo by Panos Sakalakis on Unsplash

Windows 10 Enterprise bukan ditujukan untuk penggunaaan perseorangan, tapi tidak memungkinkan kamu untuk bisa menggunakannya di PC kamu sendiri kalau hanya memang merasa penasaran. Namun perlu diingat juga harga Windows 10 Enterprise tidaklah terjangkau. Dan segala fitur yang dimilikinya tidak semata bisa kamu gunakan dengan maksimal jika hanya terdapat satu atau dua komputer saja. Untuk kalian yang ingin lebih tahu tentang fitur apa saja yang dihadirkan pada Windows 10 Enterprise dan apa yang tidak ada di Windows 10 Pro, bisa disimak pada Official quick comparation di halaman resmi Microsoft di bawah ini.

Compare Windows 10 Edition

Untuk sekarang, sekian dulu, silahkan tinggalkan komen di bawah untuk saran apa yang harus saya bahas pada artikel kedepannya. Terimakasih sudah menyempatkan berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat 😊

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *