Server Game VAINGLORY Down, Pengenalan VAINGLORY : COMMUNITY EDITION

Bagi kalian para pemain game VainGlory, mungkin pada akhir-akhir ini mengalami kendala koneksi sehingga membuat gameplay kalian lag, tiba-tiba disconect atau bahkan akun VG kalian ke logout sendiri tanpa sebab. Masalah koneksi yang terjadi ini adalah salah satu dampak dari pihak Rogue Games yang pada tanggal 25 Maret lalu dengan keputusan yang sulit telah memutuskan untuk berhenti meng-support server game VainGlory dan memilih untuk melakukan shutdown server game VG untuk region non-China.

Akibat dari kejadian ini adalah ketidakstabilan koneksi yang secara langsung berdampak pada keluh kesah player atas gameplay yang buruk. Super Evil MegaCorp sebagai developer, telah mengusahakan yang terbaik untuk tetap menjaga game ini tetap berjalan tanpa dukungan Rogue Games lagi.

VG Credits
VG Credits

Developer game VG mengakui bahwa bisa saja mereka memilih untuk mematikan server di Rogue Games sepenuhnya dan mencari publisher baru, namun dari pihaknya lebih memilih untuk bekerjasama dengan para komunitas yang mereka yakini cukup besar dan lebih peduli tentang VainGlory itu sendiri, dan lahirlah VainGlory : Community Edition. Menjadikan game VG salah satu game yang berjalan dengan dukungan penuh dari komunitas game itu sendiri layaknya game populer lainya seperti Minecaft, CS:GO, Terraria atau yang lainya.

VainGlory : Community Edition
VainGlory : Community Edition

Dengan adanya Vain Glory : Comunity Edition, maka seluruh perkembangan dari game ini seperti gameplay, statistic hero, event, sheduled balancing akan sepenuhnya dilakukan oleh devloper dan komunitasnya, sehingga menimbulkan timbal balik yang baik antara devloper dan player. Selain itu, mereka juga akan memperkenalkan fungsi “Community Hosted Server”, dimana para komunitas ataupun organisasi melalui kerjasama yang sah, memiliki keleluasaan untuk membangun server game mereka sendiri pada regional / daerah tertentu. Ini memungkinkan player yang mengalami permasalahan ping yang buruk saat gameplay karna harus mengakses server utama, bisa memilih untuk mengganti ke server yang lain yang tersedia.

VainGlory Gameplay
Play with Temporary Account

Hingga saat ini (4 April 2020), Game VainGlory memasuki Stage Break, dimana sebagian fungsi game akan hilang / tidak bisa digunakan seperti party, chat, guild, dan semua akun game juga tidak dapat di login, sehingga saat ini player akan di set untuk menggunakan Temporary Account, yang mana cukup mengecewakan. Namun dengan Temporary Account ini, kita mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan semua akses Hero, tallent dan skin.

Ada beberapa stage / proses yang akan dilakukan oleh Super Evil MegaCorp selaku devloper dalam proses perbaikan game ini, berikut lebih detailnya :

Stage-1A, BREAK.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, saat ini VG memasuki proses Break, memberikan waktu untuk developer game mengatasi berbagai masalah internal yang terjadi, disini kesabaran player akan sangat dibutuhkan sebagai dukungan kepada pikah developer yang sudah berusaha keras di waktu yang sulit ini. Ditambah lagi mereka masih memiliki tanggungan Project SpellFire yang sudah mendekati sesi pelunjuran gamenya.

Stage-1B, Perilisan game update VAINGLORY : Comunity Edition

Perilisan ini sepertinya sudah didapatkan oleh beberapa player termasuk saya sendiri, namun untuk fungsi umum game masih belum bisa kembali, bahkan untuk akun game masih menggunakan akun temporary.

Selain itu, karna harga server yang cukup mahal untuk mampu menjalankan game VG dengan lancar, Developer untuk sementara memilih untuk mematikan beberapa fitur game untuk menekan harga sewa server. Fitur seperti In-app Purchase, matchmaking, di tiadakan, dan informasi akun player akan disimpan secara local tiap masing-masing device, sehingga ketika kita melakukan re-install game semua data akan hilang.

Stage-1C, Penyempurnaan game setelah migrasi, serta penambahan fitur Party

Pada proses ini, fitur party atau lebih gampangnya fitur mabar akan difokuskan untuk dapat berjalan terlebih dulu, namun fungsi umum yang lain masih belum, karna setiap proses yang dilakukan tidaklah singkat dan membutuhkan banyak tenaga, sehingga pada proses ini, komunitas akan mulai mengambil perannya.

Stage-2, Community Hosted Server

Pada proses inilah nanti yang akan menentukan nasib game kedepanya, dimana para komunitas game ataupun organisasi tertentu dapat menjalankan sendiri server game VG mereka dan dapat digunakan secara public dengan melakukan kerja sama sebagai Official Partner kepada Super Evil MegaCorp selaku developer. Apabila dari pikah community mendapatkan respon yang baik, maka game ini akan semakin baik dengan tersedianya banyak server yang bisa disesuaikan dengan region / daerah masing-masing. Namun apabila dari community tidak mendapatkan cukup support, maka untuk stage selanjutnya tidak akan yakin dapat berjalan dengan baik.

Stage-3, Community Server go Up & Backup Role

Jika pada proses kedua mendapatkan hasil yang cukup baik dan stabil untuk beberapa waktu, maka dengan itu server utama game akan di alih fungsikan ke server backup, dan dengan ini maka server VG akan dikontrol penuh oleh community server. Sedangkan untuk server utama, hanya berfungsi sebagai redundancy server, yang mana dengan ini biaya pemeliharaan dan perawatan server bisa ditekan cukup signifikan.

Stage-4, Recovery

Apabila semua proses diatas berhasil dicapai, artinya game VG sudah dapat berjalan dengan stabil. Itu artinya developer sudah siap untuk mengembalikan semua akun asli player, serta penyempurnaan fungsi game yang lebih baik. Dari proses ini, proses maintenance dan migrasi game akan dikatakan berhasil.

Semua proses diatas membutuhkan waktu dan tenaga yang besar serta support dari para komunitas untuk dapat dicapai. Mari bagi para player VG untuk tetap bisa bersabar menunggu perbaikan ini. Kita masih bisa memainkan game ini selama proses perbaikan, dan jika perbaikan ini selesai dengan baik, maka bukan tidak mungkin game ini akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Community Hosted server sendiri sudah tidak asing lagi bagi pada developer game seperti contohnya Minecraft, dengan adanya banyak server membuat game ini lebih stabil dari sisi koneksi, serta redundant server yang tersedia membuat server game tidak mungkin bermasalah seperti yang terjadi pada server Rogue Games sebelumnya.

Sesuai keterangan yang disediakan di situs resmi VainGlory, proses perbaikan dan restorasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan dimulai sejak informasi ini dipublis oleh Developer (1 April 2020). Mari kita sama-sama bersabar menunggu perbaikan ini, semoga dapat berjalan dengan lancar. Saya sendiri merupakan player yang tidak tergolong lama, namun merasa cukup enjoy dengan game ini, yang merupakan salah satu game yang memiliki grafik yang diatas rata-rata, serta kapabilitas game yang mampu dijalankan di berbagai macam tipe device dengan pilihan joystick control yang beragam.

VainGlory Gameplay
VG Temporary Account

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang informasi ini bisa dilihat di situs resmi VainGlory sendiri, atau bisa mengikuti perkembanganya di portal communirty di reddit.com berikut ini.

Official Site : https://www.vainglorygame.com/news/vainglory-community-edition

VG Reddit AMA : https://www.reddit.com/r/vainglorygame/comments/ft703d/semc_ama_vainglory_community_edition/

Sumber : vainglorygame.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *