iPhone SE 2020 : Tidak semua suku cadang iPhone 8 cocok dan bisa digunakan untuk iPhone SE

iPhone SE generasi terbaru yang dirilis oleh Apple beberapa hari yang lalu menjadi salah satu trending topic tersendiri yang membuat banyak pengguna smartphone terkaget mendengarnya. Bagaimana tidak, Apple yang terkenal dengan penjualan smartphone dengan rentan harga tinggi, bisa meluncurkan produk baru dengan harga yang sangat miring dari target harga yang biasanya mereka tetapkan.

Memang suatu hal yang mengejutkan, dengan rentan harga mulai dari $300 atau setara dengan 6 juta rupiah, menjadi sesuatu hal yang tidak biasa dilakukan oleh Apple untuk perilisan produk baru. Namun dibalik itu semua, ada alasan mengapa Apple dapat menurunkan harga sedemikian rupa pada produknya kali ini.

Alasan utama dari terjangkaunya produk ini adalah karna hampir sebagian besar desain eksterior dan interior produk menggunakan perangkat daur ulang, yang mana perusahaan Apple itu sendiri tidak perlu membuat perangkat baru untuk setiap periferal yang ada di dalamnya, membuat biaya produksi menjadi lebih murah.

Jika kita lihat dari desain eksterior, iPhone SE 2020 ini sangat mirip dengan iPhone 8 yang diluncurkan Apple 3 tahun lalu, lebih tepatnya September 2017. Desain luar yang benar-benar sama persis, termasuk ukuran, dimensi layar, frame dan kamera. Bahkan untuk desain interior, layout dan perangkat yang digunakan pun memiliki beberapa kesamaan. Berikut detail kesamaan antara iPhone SE 2020 dengan iPhone 8 (2017) dikutip dari GSMARENA.

Perbandingan spesifikasi [gsmarena.com]

Dari perbadingan diatas, secara logika bisa dikatakan bahwa iPhone SE 2020 adalah iPhone 8 yang sekedar diupgrade, dengan tetap menggunakan desain yang secara umum sama tanpa adanya perubahan yang terilhat secara kasat mata. Ditambah lagi, berdasarkan penjelasan dari situs ifixit.com, memang ada beberapa perangkat dari iPhone 8 yang sama persis dengan yang disematkan pada iPhone SE, yang mana membuktikan bahwa produk ini memanglah produk yang bersifat daur ulang, yang mana menjadi alasan utama Apple bisa menyertakan harga yang sedemikian terjangkau.

Namun dibalik itu semua, kesamaan tipe perangkat yang digunakan ini sebenarnya menjadi salah satu hal yang cukup positif dilakukan oleh Apple yang mana akan sangat membantu dari pihak pengguna, karna apabila terdapat kerusakan pada salah satu perangkat, pengguna tidak membutuhkan biaya tinggi untuk melakukan perbaikan. Ditambah lagi, beberapa perangkat dari iPhone 8 bisa menjadi suku cadang untuk iPhone SE mengingat terdapat kesamaan perangkat yang digunakan oleh kedua smartphone ini.

Namun meski begitu, tidak semua perangkat internal dari iPhone 8 dapat dijadikan suku cadang untuk iPhone SE, kalaupun bisa, Apple membatasi kemungkinan itu dari peran software mereka yang selalu memastikan apakah perangkat yang digunakan pada smartphone nya adalah perangkat original. Berikut ini adalah detail perangkat yang bisa dan tidak bisa digunakan (replace) dari iPhone 8 untuk iPhone SE 2020.

Perangkat dari iPhone 8Compatible dengan iPhone SE 2020
KameraYes
SIM TrayYes
Taptic EngineYes
Layar DisplayYes
MicrophoneYes
Proximity CensorYes
BatteryNo
Home Button (touch ID)No
Sumber : ifixit.com

Berdasarkan keterangan diatas, terdapat cukup banyak perangkat yang bisa digunakan sebagai suku cadang, namun apabila dilihat dari sisi penggunaan, justru untuk baterai dan tombol home lah yang menjadi perangkat penting, yang mana secara logika dua perangkat inilah yang kemungkinan lebih cepat rusak ketimbang perangkat internal yang lain. Pada proses pembongkaran dari kedua smartphone ini oleh tim ifixit.com, terdapat beberapa alasan kenapa baterai dan tombol home dari iPhone 8 tidak cocok dengan iPhone SE 2020.

iPhone 8 – iPhone SE Internal [ifixit.com]

Meskipun secara fisik bentuk baterai dari kedua smartphone ini sama, namun yang membedakan adalah soket atau konektor dari baterai ke board utama yang berbeda, sehingga tidak mungkin bisa untuk digunakan, karna baterai pada iPhone SE menggunakan ternologi yang lebih modern. Dan faktanya, apabila baterai dari iPhone SE digunakan ke iPhone 11 yang notabene menggunakan konektor yang sama, iPhone 11 tetap tidak mau menyala, menandakan bahwa meskipun secara fisik perangkat yang digunakan sama, tidak menjamin bisa untuk diganti.

Sedangkan untuk tombol home yang sekaligus menjadi Touch ID atau fingerprint censor, tetap tidak dapat diganti dengan semua tipe perangkat apapun. Ini menjadi salah satu kendala besar yang dialami oleh pengguna iPhone 8 sebelumnya, yang mau tidak mau apabila ada kerusakan pada perangkat ini, maka harus mengganti dengan tombol home tanpa Touch ID menggunakan reparasi aftermarket, atau rela membayar Apple untuk mengganti dengan yang lebih original yang tentu dengan harga reparasi yang cukup mahal. Ini kemungkinan besar juga akan terjadi pada pengguna iPhone SE kedepanya.

Dan lagi perlu diketahui juga, untuk penggantian layar display pada iPhone, terlepas pada produk iPhone manapun yang digunakan, penggantian layar yang tidak original dan tidak menggunakan layanan Apple secara resmi, akan kehilangan fitur True Tone yang mana fitur ini hanya berfungsi secara otomatis pada layar sesuai bawaan perangkat.

Namun terlepas dari semua itu, iPhone SE 2020 merupakan salah satu produk dari Apple yang menjadi incaran banyak orang dengan segala keterbatasan fitur yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Hal itu juga yang membuat persaingan pasar smartphone midrange mejadi lebih sulit terutama untuk smartphone android, dan bukan tidak mungkin, Apple akan kembali mengambil alih pasar global dengan produk-produk mereka yang terkenal superior dengan mengedepankan keamanan dan privasi penggunanya.

Kita tunggu saja bagaimana dampak dari produk ini kedepanya, serta gebrakan apalagi yang bakal Apple lakukan untuk mengacaukan pasar smartphone android dari banyak perusahaan besar yang ada.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *