OnePlus Concept One, Teknik Menyembunyikan Lensa Kamera Dengan Smart Glass

Bertepatan dengan diselenggarakannya CES 2020 dari tanggal 7 kemarin sampai tanggal 10 lusa, ada banyak sekali perusahaan teknologi yang memperkenalkan berbagai macam inovasi pada produknya, tidak terkecuali perusahaan smartphone yang sudah terkenal di dunia yaitu Oneplus.

Source : The Verge at CES 2020

Pada event CES tahun ini, Oneplus memperkenalkan konsep baru yang disematkan pada ponselnya lebih tepatnya pada bagian lensa kamera. Konsep ini memperlihatkan bagaimana sebuah Smart Glass atau lebih teknisnya Electrochromic Glass ditanamkan di atas masing-masing kamera dengan fungsi utama untuk “menyembunyikan” lensa kamera (tepatnya 3 lensa kamera dan 1 flashlight) sehingga ketika tidak digunakan, Smart Glass ini akan berubah menjadi hitam / gelap sehingga seolah-olah bisa menghilangkan keberadaan lensa tersebut.

Smart Glass sendiri sering dijumpai keberadaannya pada mobil-mobil tertentu yang memiliki Sunroof, yang mana kaca dapat berubah transparan dan memberikan banyak cahaya masuk ke mobil, dan bisa berubah gelap ketika tidak dibutuhkan.   

Seperti yang kita lihat di banyak smartphone modern, kamera menjadi salah satu perangkat yang penting dalam menunjang kualitas / value sebuah smartphone. Malahan baru-baru ini, Xiaomi memperkenalkan produk baru mereka Mi Note 10 dengan resolusi kamera mencapai 108 Megapixel. Perkembangan teknologi kamera pada smartphone memang sangat pesat sekali, namun disisi lain, semakin besar lensa kamera, semakin besar pula space yang diperlukan untuk menempatkan lensa tersebut. Ditambah lagi dengan adanya multiple camera yang saat ini seperti sebuah kewajiban bagi setiap manufaktur ponsel untuk menyematkannya.

Efek samping yang sudah lumrah ditemui ketika kita membahas soal kamera adalah semakin besar dan banyak lensa, membuat smartphone mejadi tidak nyaman ketika di taruh di tempat yang datar seperti meja, lantai dan lain sebagainya. Efek Camera Bump seperti ini tidak sedikit dikeluhkan oleh para pengguna smartphone karna ketidak-nyamanan yang ditimbulkan.

Pada inovasinya kali ini, Oneplus mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan menempatkan lensa kameranya “di dalam” rangka utama sehingga tidak ada Camera Bump. Selain itu juga, banyaknya lensa kamera pada smartphone terkadang menjadi kekurangan tersendiri karna menguragi estetika pada bagian belakang smartphone.

Saya sendiri kurang begitu nyaman dengan banyaknya kamera yang tertanam pada sebuah smartphone. Seperti halnya Nokia 9, Realme 5 dan Huawei P30 Pro dengan banyaknya kamera yang dimiliki, membuat beberapa orang mempertanyakan untuk apa kamera sebanyak itu, serta secara estetik akan membuat bagian belakang smartphone menjadi “aneh” ketika dilihat.

Nokia 9 (5 lensa kamera) Source : CNET

Nah dengan inovasi Oneplus dengan Smart Glass nya, akan sangat membantu untuk menghilangkan Camera Bump dan ketika Smart Glass ini berubah hitam / gelap, akan terlihat lebih nyaman dipandang ketika bagian belakang smartphone terlihat bersih tanpa ada gangguan dari lensa kamera yang ada.

Source : The Verge at CES 2020

Satu lagi fungsi yang akan sangat-sangat berguna dengan adanya fitur smartglass ini adalah kemampuanya untuk tidak hanya bisa mengubah kacanya menjadi hitam gelap, melainkan bisa juga menjadi semi-transparan, dimana fitur ini akan sangat membantu lensa kamera ketika mengambil gambar dengan pencahayaan yang begitu terang seperti pengambilan gambar di bawah sinar matahari secara langsung. Dengan dibantu Smart Glass, akan bisa mengurangi banyaknya cahaya yang ditangkap oleh lensa kamera ( explosure ) sehingga obyek yang ditangkap pada lensa menjadi lebih jelas.

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

Tentu saja dengan beragam fungsi yang dihasilkan dari disematkannya smart glass ini pada ponsel Oneplus, bukan tidak mungkin konsep ini akan benar-benar digunakan dan hadir pada produk Oneplus berikutnya. Untuk saat ini memang dari pihak Oneplus belum bisa memastikan akankah konsep ini diluncurkan, saat ini mereka akan berfokus untuk pengoptimalan fungsi dan kinerja smartglass nya sebelum nantinya benar-benar siap untuk dipasarkan.

Saya sendiri sangat tertarik dengan konsep ini, benar-benar sebuah inovasi yang sangat berguna baik secara estetik ataupun fungsi, dan tidak sabar menunggu konsep seperti ini disematkan pada smartphone kedepanya. Nah kalau menurut kalian sendiri bagaimana nih ? Silahkan tinggalkan pendapat kalian di komentar ya, terimakasih sudah menyempatkan membaca 😊

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *