Sudah Jamannya Cloud Computing, Apa benefitnya? Bagaimana perkembanganya di indonesia?

Jika kita membicarakan soal Cloud di dalam dunia IT, sudah pasti erat kaitanya dengan internet. Internet menjadi kebutuhan wajib di era perkembangan teknologi yang begitu pesat ini. Internet menjadi sarana berbagai macam sumber daya, media informasi serta bisnis yang mana setiap harinya di akses oleh setiap individu di dunia ini.

Cloud sendiri bisa dikatakan sebuah metafora dari internet. Dimana informasi bisa diakses dimanapun dan kapanpun dengan mudah asalkan kita terkoneksi ke dalam jaringan.

Berbagai macam layanan Cloud disediakan demi kebutuhan mobilitas, keamanan dan efisiensi. Contoh sederhana yang sering kita dengar adalah Cloud Storage untuk membantu kita menyimpan data-data penting yang ada di komputer/smartphone seperti halnya Google Drive, Dropbox, OneDrive dan lain sebagainya.

Cloud Storage bagian dari Cloud Computing

Dengan Cloud Storage, kita tidak perlu khawatir akan adanya kerusakan fisik pada media penyimpanan seperti harddisk, sehingga kemungkinan untuk kehilangan data-data penting dapat diminimalisir.

Cloud Storage merupakan satu diantara banyak sekali layanan Cloud Computing yang menawarkan banyak sekali keuntungan untuk masing-masing penggunanya sesuai kebutuhan. Nah, seperti apa sih Cloud Computing yang dimaksud?, dan apakah di Indonesia layanan Cloud Computing ini bermanfaat dan diminati?, akan dijawab pada topik pembahasan kita kali ini.

Topik Pembahasan :

  1. Apa itu Cloud Computing?
  2. Tujuan Utama Cloud Computing
  3. Apa Benefit/Keuntungan Menggunakan Cloud Computing?
  4. Contoh Layanan Cloud Computing
  5. Cloud Computing dan Cloud Hosting, Apa Bedanya?
  6. Seperti apa perkembangan Cloud Computing di Indonesia?
  7. Haruskah saya menggunakan Cloud Computing?

Sebagai pengantar pembahasan, mari kita mulai dari hal yang paling mendasar.

Apa itu Cloud Computing?

Pengertian Cloud Computing

Merupakan sebuah kombinasi/gabungan fungsi komputasi (komputer) yang berbasis/terjadi di Cloud/Internet. Fungsi komputasi yang dimaksud bisa beragam, mulai dari basic layaknya komputer pada umumnya (VMachine), penyimpanan data (Cloud Storage), hingga ke fungsi kompleks seperti manajemen data, analisa dan pengembangan program, hingga artificial intelligence (AI).

Layanan Cloud Computing bisa kita gambarkan sebagai sebuah komputer yang kita gunakan sehari-hari, namun tidak dalam bentuk fisik, melainkan tersedia di Cloud/Internet, dengan fungsi komputasi yang lebih kompleks dengan tujuan yang lebih beragam.

Kenapa tersedia di internet? Karena keuntungan dari internet itu sendiri adalah bisa di akses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun.

Tujuan Utama Cloud Computing

Seperti halnya tersedianya internet, Cloud Computing hadir untuk memberikan layanan komputasi secara kompleks namun tetap bisa dilakukan dengan mobilitas dan efisiensi yang tinggi. 

Fungsi dan tujuan Cloud Computing

Mobilitas tinggi dari Cloud Computing dapat dirasakan oleh end-user atau pengguna personal yang memanfaatkan basic cloud computing seperti Online Storage serta virtual desktop dan/atau virtual komputer dengan kemudahan akses oleh satu atau beberapa orang sekaligus.

Dari segi efisiensi, Cloud Computing menyediakan berbagai macam komputasi kompleks seperti Database Management, Advanced Analytics, serta pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) yang akan sangat berguna bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan performa bisnis dari berbagai macam sisi, dengan tetap meningkatkan efisiensi.

Apa Benefit/Keuntungan Menggunakan Cloud Computing?

Dari penjelasan fungsi pada poin sebelumnya kita bisa tau bahwa ada banyak sekali keuntungan yang didapat dari pemanfaatan Cloud Computing ini. Terutama pada kaitanya dengan mobilitas dan efisiensi.

Baik sebagai end-user ataupun Business Company, tersedianya Cloud Computing membantu kita memanfaatkan layanan komputasi basic maupun kompleks tanpa perlu menyediakan infrastruktur secara fisik.

Kita bayangkan saja, untuk bisa membuat layanan Cloud Storage, dibutuhkan perangkat komputasi, software serta jaringan internet agar bisa berjalan dengan semestinya. Dalam pembuatannya pun butuh proses sampai benar-benar bisa digunakan.

Infrastruktur clound computing

Tak hanya itu, Perusahaan yang memiliki banyak data membutuhkan suatu sistem yang mampu mengolah data sedemikian rupa, yang mana pengolahan data sebanyak itu tidak akan mampu diatasi dengan sebuah komputer standar, melainkan diperlukan sebuah pusat komputasi (server) yang bisa melakukan manajemen data dengan baik.

Bayangkan saja jika perusahaan tersebut membutuhkan komputasi tinggi dan harus menyediakan infrastrukturnya, akan ada banyak sekali kebutuhan yang harus disediakan seperti ruangan, listrik, perangkat komputasi itu sendiri, serta SDM guna melakukan instalasi dan perawatan sistem.

Pengadaan infrastruktur semacam ini membutuhkan biaya yang tinggi serta waktu yang tidak sebentar, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Nah kerumitan tersebut menjadi alasan hadirnya Cloud Computing dimana kita bisa menggunakan berbagai macam layanan komputasi tanpa harus memikirkan tentang instalasi dan perawatan infrastruktur.

Tentu saja Cloud Computing juga tidak sepenuhnya gratis, untuk layanan komputasi tingkat tertentu, diberlakukan biaya dalam penggunaan layanannya, dan biasanya bagi pemilik perusahaan, biaya inilah yang menjadi acuan antara harus membangun infrastruktur sendiri untuk perusahaan tersebut, atau memilih menggunakan Cloud Computing.

Contoh Layanan Cloud Computing

Setelah memahami tentang Cloud Computing dan berbagai macam fungsi dan keuntungannya, tentu kita perlu tahu dan mengerti, layanan apa saja yang ditawarkan oleh Cloud Computing?, nah berikut ini adalah beberapa contoh Cloud Computing berdasarkan 3 jenis yang umum digunakan sebagai pengkategorian, yaitu :

  • SaaS (Software-as-a-Services)

Merupakan sebuah layanan Cloud Computing yang menyediakan sebuah Software/Aplikasi khusus yang bisa digunakan oleh pengguna/konsumen sesuai dengan fungsinya. Provider/pengembang aplikasi inilah yang bertugas merawat dan mengembangkan aplikasi untuk membuat aplikasi tersebut semakin berkemabang dan mampu menjalankan fungsinya menjadi lebih baik.

Sebagai pengguna atau konsumen, kita hanya membayar untuk menggunakan aplikasi tersebut, yang mana umumnya menggunakan metode subscriptions. 

Jika kita melihat secara umum, Cloud Computing berbasis SaaS ini sudah kita gunakan di setiap harinya, seperti penggunaan software Ms. Office 365 (Online), Google Docs, Gmail, Adobe Creative Cloud dan berbagai macam software berbasis online lainya.

Namun contoh lain yang umum dijumpai adalah provider penyedia aplikasi akuntansi seperti Accurate Online, dimana software ini membantu perusahaan untuk manajemen akuntansi di perusahaannya dengan mudah. Namun untuk menggunakanya, kita harus “menyewa” aplikasi ini dalam kurun waktu tertentu.

  • IaaS (Infrastructure-as-a-Service)

Adalah layanan Cloud Computing yang menyediakan infrastruktur kepada konsumennya untuk mendukung pengembangan produk dari konsumen tersebut. Infrastruktur yang dimaksud bisa beragam tergantung dari permintaan konsumen tersebut. 

Sebuah server virtual, web server dan hosting merupakan salah satu contoh media infrastruktur yang sering kita jumpai. Layanan Cloud Computing seperti ini memberikan kendali penuh kepada konsumen terhadap infrastruktur yang sudah disediakan. 

Terlepas dari keharusan untuk merawat/maintenance dari infrastruktur itu sendiri. Membuat layanan ini menjadi alasan untuk dipilih dibandingkan harus investasi dalam membuat dan menyediakan infrastruktur sendiri.

Layanan Web Hosting yang begitu banyak beredar di Indonesia menjadi salah satu contoh jenis Cloud Computing dengan prinsip IaaS.

  • PaaS (Platform-as-a-Service)

Layanan Cloud Computing ini adalah layanan yang menyediakan berbagai macam kategori dan kebutuhan Cloud Computing yang beragam di bawah naungan suatu platform. 

Dibandingan dengan SaaS ataupun IaaS, menggunakan PaaS bisa dikatakan lebih menguntungkan dan fleksibel dikarenakan platform hanya memberikan charge terhadap layanan yang digunakan saja (pay-per-use), tanpa harus membayar keseluruhan infrastruktur.

Dikatakan lebih fleksibel karena sebagai konsumen kita tidak terikat menggunakan satu software saja ataupun satu server dengan kapabilitas tertentu, namun bisa dengan mudah expand/mengembangkan kemampuan komputasi menggunakan fitur yang sudah ditawarkan dari platform tersebut.

Amazon Web Services (AWS) merupakan salah satu layanan Cloud Computing berbasis PaaS yang memiliki reputasi tinggi di dunia dengan pilihan layanan yang sangat beragam dan dengan harga yang sangat bersaing. Mulai dari layanan komputasi basic hingga ke komputasi tingkat tinggi, AWS menyediakan semuanya.

Cloud Computing dan Cloud Hosting, Apa Bedanya?

perbedaan cloud hosting dan cloud computing

Banyak sekali bermunculan pertanyaan mengenai Cloud Hosting dan Cloud Computing, memunculkan kebingungan tentang perbedaan yang dimiliki. Tentu saja keduanya memiliki sifat komputasi yang sama yaitu terjadi di Cloud/Internet. 

Namun perlu diketahui, perbedaan paling mendasar bisa didapat dari pemahaman tentang IaaS yang sudah dibahas sebelumnya. Yaitu Cloud Hosting, merupakan layanan yang diberikan dari Cloud Computing, dimana Cloud Hosting menyediakan infrastruktur berupa virtual server untuk meng-handle segala kebutuhan website.

Cloud Hosting merupakan salah satu contoh dari Cloud Computing dimana segala proses komputasi yang terjadi dalam pemuatan situs website hingga dapat diakses di internet.

Seperti apa perkembangan Cloud Computing di Indonesia?

Sumber : tekno.kompas.com

Nah sekarang saat kita sudah mengerti tentang definisi dari Cloud Computing itu sendiri, bagaimana dengan perkembangannya, terutama di Indonesia. Apakah dengan hadirnya Cloud Computing dengan segala keunggulannya, sudah dimanfaatkan sebaik-baiknya di Indonesia?

Dikutip dari detik.com, perusahaan teknologi penyedia Cloud Computing dunia seperti Google, Alibaba, bahkan perusahaan milik negara sendiri yaitu Telkom Indonesia, berbondong-bondong berinvestasi untuk mendirikan data center di tanah indonesia.

Tak hanya itu, baru-baru ini Amazon juga sudah merencanakan pendirian data center mereka sendiri di Indonesia, untuk mengimbangi permintaan cloud computing yang besar di area ASEAN. Simak informasi selengkapnya di gogetsnacks.com

Dengan langkah besar yang dilakukan oleh perusahaan dunia ini di Indonesia, menandakan bahwa Cloud Computing semakin banyak diminati, terutama dari segi penggunaanya untuk bisnis. Setiap perusahaan yang memiliki visi untuk go internasional, memiliki kesempatan besar untuk berkembang dan dikenal di luar negeri dibantu dengan hadirnya Cloud Computing.

Mungkin kita tidak akan dengan mudah mengetahui bagaimana perkembangan Cloud Computing di Indonesia ini sudah sebesar apa, namun perusahaan yang bisa dikatakan menengah keatas akan lebih mudah melihat bagaimana peluang yang dijanjikan oleh Cloud Computing ini terhadap perkembangan perusahaannya.

Perusahaan yang tergolong baru ataupun medium, akan sangat terbantu dengan layanan Cloud Storage untuk menyimpan dan mengamankan setiap data-data perusahaan. Dan potensi penggunaan layanan SaaS ataupun PaaS semakin besar.

Dengan begitu, perlahan tapi pasti era Cloud Computing di Indonesia pasti akan semakin populer.

Haruskah saya menggunakan Cloud Computing?

Di era sekarang ini, semua serba memerlukan internet. Bahkan tanpa di sadari, kegiatan kita sehari-hari pun dibantu oleh Cloud Computing. Mulai dari hal kecil seperti pesan/chat, Email, data sharing, video conference bahkan streaming film juga termasuk layanan Cloud Computing.

CaaS (Communication-as-a-Service) adalah jenis layanan Cloud Computing baru yang menyediakan layanan komunikasi baik itu tulisan, suara maupun gambar untuk digunakan konsumen.

Aplikasi seperti Skype, ZOOM, Google Meets, Microsoft Teams, dan bahkan aplikasi sosial media seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya, juga termasuk dengan layanan Cloud Computing.

Era serba Cloud Computing

Hanya saja, pengimplementasian Cloud Computing pada segi bisnis di Indonesia masih belum maksimal dengan alasan yang beragam. Salah satu alasan utama perusahaan masih bimbang untuk mau masuk ke ranah Cloud Computing adalah kepercayaan dan keamanan. 

Terutama apabila level Cloud Computing yang dibutuhkan tinggi, dibutuhkan platform yang reliable untuk menghandle dan mengamankan setiap data-data perusahaan.

Konklusi

Cloud Computing menyediakan berbagai macam kemudahan untuk kita baik end-user ataupun Business Company dalam mengerjakan sesuatu dengan lebih efisien. Kehadiranya membantu banyak pihak untuk lebih produktif dan inovatif sehingga menimbulkan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan teknologi di seluruh penjuru dunia.

Namun semakin berkembangnya Cloud Computing, tidak semua orang berminat untuk sepenuhnya menggunakan layanan ini. Untuk komputasi basic seperti penyimpanan mungkin oke, karena banyak pihak membutuhkan yang namanya backup data. 

Namun untuk pemanfaatanya yang lebih kompleks seperti database, analisa dan semacamnya, hanya beberapa saja yang memang sangat membutuhkan, terutama di Indonesia. Itu pun masih harus dipertimbangkan mengenai biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan komputasi, serta yang terpenting keamanan data.

Keamanan data menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh banyak orang jika harus meletakkan informasi mereka di internet. Dan ini menjadi masalah yang sudah lama dialami oleh pengguna internet.

Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan Cloud Computing tidak bisa dibendung dan akan banyak orang yang tanpa berpikir panjang untuk memanfaatkan layanan ini dengan alasan efisiensi dan mobilitas yang tinggi.

Dengan semakin banyaknya penyedia layanan ini, tentu kita berharap agar semakin banyak pula perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan Cloud Computing ini, sehingga bisa meningkatkan perkembangan teknologi di indonesia yang bukan tidak mungkin juga dapat meningkatkan perekonomian negara menjadi lebih baik.

Sumber referensi: detik.com, kompas.com, gogetsnacks.com

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Desember 7, 2020

    […] berniat membangun Data Center sebagai dukungan terhadap bisnis barunya di ranah cloud computing. Cloud computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang berfungsi agar dapat […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *