Beredar rumor tentang iPhone 12 yang akan dirilis tahun depan !

iPhone 11 baru saja dirilis beberapa bulan yang lalu, namun rumor untuk iPhone 12 sudah banyak beredar di berbagai macam situs dengan memberikan beberapa informasi terkait desain, spesifikasi teknis serta fitur-fitur yang nantinya akan dihadirkan pada peluncuran-nya pada 2020 tahun depan.

Tak hanya iPhone, berbagai macam produk Apple lainya juga memang banyak diperbincangkan karna memang sudah menjadi produk paling diunggulkan di berbagai macam kalangan masyarakat. Namun yang selalu menjadi perbincangan hangat ialah peluncuran produk Smartphone-nya yang memang ditunggu tunggu oleh penggemarnya.

Dilansir dari Macrumors.comApple akan meluncurkan total 4 seri iPhone 12 dengan 3 ukuran layar yang berbeda. Terbagi menjadi dua lini yaitu untuk seri Higher-End dengan ukuran 6.7″ dan 6.1″, dan untuk seri Lower-End menggunakan ukuran 6.1″ dan 5.4″ (dua pilihan layar 6.1″). Selain itu, semua seri iPhone tahun depan diprediksi akan menggunakan panel layar OLED sehingga menjadi sebuah peningkatan signifikan dari seri iPhone 11 tahun ini yang mana untuk seri Low-End nya masih menggunakan panel LCD (Retina Display).

Salah satu rumor yang menarik dari perilisan iPhone 12 tahun depan adalah adanya perubahan desain untuk salah satu seri iPhone-nya yaitu mengambil desain dari iPhone 4 dengan gaya squared-edged atau istilahnya “ngotak” di bagian pinggir layaknya seri iPhone 4 yang memang menjadi ciri khas iPhone pada jamannya.

source : wccftech.com

Selain itu menurut situs gadget asal Taiwan Economic Daily News, meyakini bahwa akan ada penambahan fitur Touch ID yang mana adalah fitur sistem scan sidik jari menggunakan Ultrasonic Fingerprint Censor milik Qualcomm, yang jika memang rumor ini benar, maka bukan tidak mungkin seri iPhone 12 akan memiliki 2 fungsi unlock menggunakan Face ID dan Touch ID. Dan untuk fungsi Face ID sendiri, Apple akan memperkenalkan fitur TrueDepth Camera System, dimana menghadirkan ukuran kamera depan yang lebih kecil secara fisik, guna mengoptimalkan “screen to body ratio” dan memungkinkan untuk mengubah ukuran notch menjadi lebih kecil.

Bergeser ke sisi kamera belakang, setup Triple Camera masih akan dipertahankan dengan penambahan fitur “laser-powered time-of-flight 3D rear camera”, dimana akan disematkan sebuah laser pada kamera guna meningkatkan performa AR atau Argumented Reality. Untuk mewujudkannya, Apple akan bekerja sama dengan SONY sebagai salah satu supplier utama di sisi kamera untuk Apple.

Salah satu Samsung leaker “Ice Universe” juga memberikan tanggapan di Twitter tentang iPhone 12 dimana akan ada kemungkinan bahwa fitur ProMotion juga akan hadir pada seri iPhone 12 Pro (High-End), yaitu fitur 120Mhz refresh rate yang pada tahun ini sudah dimiliki oleh iPad Pro. Bukan tidak mungkin bahwa fitur ini akan disematkan ke generasi iPhone selanjutnya mengingat brand smartphone berbasis android seperti SAMSUNG, OnePlus dan Google Pixel sudah memiliki fitur refresh rate di atas 60Mhz pada awal tahun 2019. Sehingga menjadi PR tersendiri untuk Apple supaya tidak kalah atau tertinggal dari brand lain.

Source : smartprix.com

Terakhir dan yang gak kalah penting adalah konektifitas 5G. Dimana jaringan 5G sudah banyak diterapkan di luar negri dan salah satu rival nya yaitu SAMSUNG, degan Galaxy S10 dan Note10 nya sudah lebih dulu menghadirkan fitur ini. Untuk alasan itu, Apple akan kembali menggandeng Qualcomm untuk menghadirkan modem 5G buatannya ke sistem iPhone, yang mana pada seri sebelumnya Apple menggunakan chip modem milik Intel, namun dengan adanya fitur Touch ID yang juga milik Qualcomm, maka bisa dipastikan bahwa untuk modem 5G Apple akan menggunakan Qualcomm sebagai pilihan utama. 

Nah itu tadi beberapa rumor yang beredar tentang iPhone 12, semua detail yang sudah dijelaskan masih belum bisa di pastikan kebenarannya, mengingat ini hanyalah sebuah rumor dari para Leaker.

Salah satu hal yang kontrofersial yang sempat ramai dibahas adalah tentang nasib dari port Lightning yang rumornya akan hilang atau di tiadakan pada seri iPhone generasi selanjutnya (2021), dan iPhone akan mencoba beralih ke Fully Wireless iPhone. Nantikan pembahasannya di artikel saya selanjutnya.

Untuk sekarang sampai disini dulu. Terimaksih sudah menyempatkan untuk membaca artikel dari saya, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *