AMD Ryzen 4000 Series dan Asus Zephyrus G14, Produk awal tahun yang sangat menjanjikan

AMD telah mengumumkan mobile processor terbarunya pada CES 2020 kemarin dan peluncuranya ini mejadi sesuaitu yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar teknologi dari berbagai macam kalangan. Bukan tanpa suatu alasan, AMD dengan seri processor Ryzen telah berhasil menyaingi Intel dalam pasar Desktop Processor selama kurang lebih s2 tahun ini, dan di tahun 2020 ini AMD terus menunjukkan keseriusannya menyaingi Intel dengan meluncurkan AMD Ryzen 4000 series untuk Mobile Processor. Dimana selama ini, pasar laptop high-end masih dikuasai oleh Intel dan AMD hanya sebagai opsi kedua.

Namun dengan Ryzen 4000 ini, AMD berniat mengambil alih pasar laptop dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh chip ini. Langkah AMD ini sudah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan dengan banyaknya tech reviewer yang menantikan Ryzen 4000 serta sudah didukung oleh salah satu brand laptop ternama dunia yaitu Asus.

Source : Asus

Asus ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming terbaru dari Asus dan mejadi produk pertama yang menggunakan AMD Ryzen 4000 series. Dan seperti yang sudah banyak diprediksi, performa processor ryzen ini sangatlah memuaskan dengan 8 core 16 threat, membuat performa laptop ini cocok untuk berbagai macam penggunaan yang melibatkan core count, terutama pada editing dan rendering.

Namun dengan 8 core nya, processor ini bukan berarti “power-hungry”, justru akan lebih efisien dan hemat energi dengan fabrikasi 7 nanometer. Membuat konsumsi battery menjadi lebih kecil dan battery akan bisa bertahan lebih lama.

Terlihat sangat menjanjikan dan akan menjadi produk yang sangat dinantikan di tahun 2020 ini. Untuk saat ini hanya Asus yang secara resmi memiliki produk dengan chip AMD terbaru ini. Namun bukan tidak mungkin dalam waktu dekat, akan banyak manufaktur yang segera menyusul dengan produk high-end gaming laptop menggunakan AMD Ryzen.

Performa AMD Ryzen 4000 ini memang bukan main-main, dari hasil benchmark yang dirilis oleh AMD, sagat terlihat bagaimana performa yang dihasilkan oleh chip ini melebihi Intel dengan seri procoessor generasi terbarunya. Selain itu, Integrated Graphic yang disematkanya, Radeon Vega 8 (Enhanced), juga melakukan tugasnya dengan baik.

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

Untuk Asus Zephyrus G14 sendiri merilis dua seri pada produknya, yaitu seri G14 GA401IV untuk seri tertingginya, dan seri G14 GA401IU untuk seri yang lebih terjangkau. Masing-masing menggunakan processor yang sama, dan dibalut dengan build quality yang berkelas, membuat laptop ini menjadi “the world most powerfull 14 inch gaming laptop”.

source : Asus

Selain performa menakjubkan yang dihasilkan oleh laptop ini, Asus juga menyematkan satu keunikan tersendiri pada produk ini, dimana pada belakang monitornya disematkan micro-LED yang bisa menyala dan bisa di costum menjadi berbagai macam logo, bentuk atau tulisan yang beragam sesuai keinginan kita. Sebuah inovasi yang cukup menarik dari Asus, menjadikan Zephyrus G14 ini menjadi laptop yang sangat worth it dibeli pada awal tahun 2020 ini.

Asus ROG Zephyrus G14 Review

Review menarik dari laptop ini bisa dilihat pada Channel Youtube Dave Lee berikut ini, yang menjelaskan cukup detail bagaimana keungguluan yang dimilikinya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *